Bersama Anda Membangun Islam

Login

Lupa password?

Like/Tweet/+1

Latest topics

» Newbie!!... silahkan perkenalkan dirinya disini... ^^
Mon Oct 24, 2011 5:09 am by raden galuh agung permana

» update forum 2
Wed Sep 14, 2011 10:00 am by Admin

» Resep Kue Pernikahan
Sat Jun 04, 2011 12:42 pm by aisyah salimah

» Hidup Tak Kenal Kompromi
Sat Jun 04, 2011 11:54 am by aisyah salimah

» Rumah Dunia VS Akhirat
Sun May 22, 2011 11:59 pm by aisyah salimah

» Selamat Jalan Ibunda Tercinta
Sat May 21, 2011 3:48 pm by aisyah salimah

» Cara Youtube tanpa buffer tanpa software
Tue May 10, 2011 8:16 pm by kholis

» tok tok tok...!
Mon May 09, 2011 7:43 pm by santii

» catatan da'wah
Sat May 07, 2011 10:08 pm by nadiachya

Gallery


Top posting users this month

Top posting users this week


    Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Share

    revoLUTHIon
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 243
    HP : 101
    Reputation : 3
    Registration date : 06.02.09
    Age : 29
    Lokasibekasi

    Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by revoLUTHIon on Thu Feb 12, 2009 11:11 am

    Sumber: http://www.al-ikhwan.net/hubungan-antara-aktivitass-tarbiyah-dengan-politik-1335/

    Risalah Nukhbawiyah
    27/12/2008 | 28 Dhul-Hijjah 1429 H

    Amal siyasi islami mempunyai dua titik tolak mendasar:

    Pertama: Amal siyasi islami adalah amal sepanjang hayat, sebab, medan amal siyasi adalah keseluruhan amal kehidupan dan keduniaan semata, baik sosial, ekonomi, politik dan lainnya. Dan ia tidak mempunyai hubungan dengan urusan-urusan agama murni, semisal ibadah, ritual dan aqidah, di mana medannya adalah amal dakwah dan bukan amal siyasi. Jadi, amal siyasi adalah amal madani, hanya saja, hukum-hukumnya dan berbagai pengorganisasiannya, sumbernya adalah syariat Islam; tercakup di dalam pengertian syariat Islam ini adalah keseluruhan nash-nash ilahiyah dan seluruh ijtihad-ijtihad aqli dan ilmi dari manusia

    Kedua: Amal Siyasi Islami adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari amal Islami secara umum. Hal ini tercakup oleh Islam yang syumul dan kenyataan bahwa Islam adalah manhaj kehidupan yang lengkap. Dan hal ini merupakan aqidah seorang muslim, di mana keimanannya tidak sah, dan agamanya tidak sempurna kecuali dengan aqidah ini.

    Berdasar kepada tabiat “double gardan” seperti ini, dapat dikatakan bahwa amal siyasi islami tidak lain adalah amal siyasi madani yang:

    1. Dishibghah dengan shibghah Islamiyah dan
    2. Iltizam (komitmen) dengan nilai dan prinsip-prinsip Islam.

    Oleh karena dasar inilah, maka:

    1. Kesuksesan amal siyasi Islami mengharuskan untuk mengikuti:
    1. Manhaj Islam
    2. Pokok-pokok dan dasar-dasar ilmu-ilmu politik kontemporer
    3. Prinsip-prinsip amal siyasi pada umumnya, sebagaimana telah dijelaskan di depan

    2. Komitmen yang sempurna dengan nilai, prinsip dan akhlak Islam yang mulia serta:
    1. Syar’i dalam hal tujuan dan sarana
    2. Haram mempergunakan sarana-sarana politik yang menyimpang, seperti: menipu, manuver dan konspirasi, menghalalkan cara-cara menyesatkan dan kemunafikan, tidak kredibel, prinsip “tujuan menghalalkan cara”
    3. Kemahiran dalam mengungkap dan membongkar cara-cara yang amoral. Dasarnya adalah ucapan Umar: “Saya bukan penipu, akan tetapi tidak bisa ditipu”.

    3. Kemestian memperhatikan hukum-hukum syar’i dan bertitik tolak dari mafahim Islamiyah yang benar dalam khithab siyasi, sikap dan berbagai tindakan politik seluruhnya, serta memperhatikan dengan sungguh-sungguh data-data faktual dan berbagai situasi lokal, regional dan internasional.

    “Alif Lam Mim. Bangsa Romawi telah dikalahkan, di negeri yang terdekat, dan mereka setelah kekalahannya itu akan menang, dalam beberapa tahun (lagi), bagi Allahlah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang), dan pada hari (kemenangan Romawi itu) bergembiralah orang-orang yang beriman, karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang Dia kehendaki, Dia Mahaperkasa, Mahapenyayang”. (Ar-Rum: 1 – 5)

    4. Memperhatikan kaidah-kaidah siyasah syar’iyah, mengenal dan memahami realita (fiqih waqi’), situasi kontemporer, kemahiran mengaitkan antara nash dan penerapannya dalam realita praktis, muwazanah antara kaidah-kaidah Islam dan berbagai perkembangan baru yang menuntut adanya murunatul harakah (kelenturan gerak), serta tathawwur mustamir (pengembangan kontinyu) dalam sikap juz-i dan marhali serta dalam sarana perealisasian tujuan-tujuan strategis

    5. Bertolak dari syumuliyatul Islam dan bahwa Islam mengatur segala urusan kehidupan, amal siyasi Islami harus menangani berbagai isu dan problema besar yang sedang dihadapi oleh tanah air kita, serta memandang semua itu sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari amal Islami, khususnya masalah:
    1. Reformasi politik,
    2. Penghapusan segala bentuk corruption, baik di bidang keuangan, birokrasi dan akhlaq, kebebasan publik,
    3. Stabilitas pemerintahan,
    4. Penegakan disiplin,
    5. Publikasi perilaku peradaban Islami dalam berbagai interaksi kehidupan,
    6. Keadilan dalam distribusi kekayaan nasional kepada publik yang miskin,
    7. Mengarahkan sumber-sumber keuangan untuk memberikan keadilan kepada kelompok fuqara dan papa,
    8. Penghapusan jurang pemisah yang mencolok antara kaya dan miskin,
    9. Pewujudan prinsip kesempatan yang sama atas dasar kemampuan dan kelayakan, bukan atas dasar lainnya,
    10. Menjaga harta publik dari penjarahan (penggarukan) dan pemborosan serta memandangnya sebagai milik baitu malil muslimin, di mana setiap penduduk mempunyai hak yang ditetapkan atasnya dan bukannya milik negara atau penguasa yang boleh berbuat sekehendaknya, dan bahwasanya kekuasaan penguasa atas harta tersebut terikat dan bergantung kepada kemaslahatan kaum muslimin,
    11. Masalah utama bangsa Arab dan Islam, utamanya masalah Palestina,

    Dan bahwasanya solusi kita terhadap semua masalah ini haruslah memiliki keistimewaan shibghah Islamiyah yang jelas, yang berdiri di atas tsawabiti yang qath’iy, tujuan dan maqashid Islamiyah dan dengan mempergunakan perangkat, instrumen dan sarana Islam, dan juga berdiri atas dasar ilmiah modern, serta bukan merupakan copi paste dari solusi sekuler

    Hubungan Antara Amal Tarbawi dan Amal Siyasi

    Dapat disimpulkan bahwa hubungan di antara keduanya adalah hubungan tarabuth (saling terkait), takamul (saling melengkapi) dan tawazun (keseimbangan). Gambaran dan dimensi hubungan-hubungan ini tampak dalam penjelasan berikut:

    1. Amaliyah tarbawiyah (proses tarbiyah) adalah amaliyah ta’sisiyah (proses pembentukan pondasi) untuk:
    a. I’dad wa takwin al-rijal wa bina’ al-kawadir al-tanzhimiyah (menyiapkan, membentuk dan membina kader-kader struktural),
    b. Tazkiyatun nufus wal arwah (mensucikan jiwa dan ruhani) agar mereka memiliki kemampuan untuk memikul beban amal siyasi maidani amali (kerja politik praktis lapangan)
    c. Gharsu al-iltizam (menanamkan komitmen) dalam diri mereka, kehidupan, perilaku dan segala urusan mereka dengan sekumpulan nilai dan muwashafat khusus yang mengantarkan mereka untuk meningkatkan berbagai kemampuan mereka, memungsikan powernya dalam bentuknya yang sebaik mungkin,
    d. Ta’hiluhum ilmiyyan wa amaliyan wa tadriban (meningkatkan keahlian ilmiah, operasional dan keterampilan) mereka dalam menjalankan tugas yang dibebankan kepada mereka

    Jika amaliyah tarbawiyah menjalankan fungsi takwin dan ta’hil-nya, maka hal ini akan tercermin dalam kualitas pelaksanaan dari sisi ijadah (kualitas), itqan dan ihsan yang akan merealisasikan buah yang paling berkah serta hasil yang terbaik dengan jerih payah paling efisien serta penekanan sisi negatif sekecil mungkin, namun, jika pelaksanaan fungsi ini tidak bagus, maka takwin khuluqi nafsi (pembentukan akhlaq dan jiwa) akan melemah, atau jika perhatian kepada aspek ta’hil ilmi amali tidak diperhatikan, maka hasilnya akan berbalik seratus delapan puluh derajat

    2. Mukadimah bagi penegakan daulah Islamiyah yang merupakan tujuan terpenting dari dakwah kita tidak dapat direalisasikan kecuali dengan amal siyasi yang memiliki beragam bentuk dan melalui berbagai tahapan. Bentuk dan tahapan ini mempergunakan berbagai uslub (cara) untuk memunculkan ta’tsir siyasi (dampak politik) di samping ta’tsir da’awi (pengaruh dakwah), sebagaimana nasyath siyasi (aktivitas politik) sendiri dapat memberikan peran da’awi dalam merekrut personel baru, peningkatan kualitas sosial secara umum, pemerataan wa’yu Islami (kesadaran Islam) serta perealisasian dan penegasan syumuliyatul Islam.

    3. Jawaban atas pemberian perhatian secara berimbang antara amal tarbawi dan amal siyasi tanpa ada dominasi satu pihak atas pihak lainnya, sebab ajaran-ajaran Al-Qur’an, yaitu tazkiyatun nafs tidak dapat dipisahkan dari kekuasaan yaitu politik, karena inilah politik merupakan bagian dari Islam, dan menjadi kewajiban seorang muslim untuk memperhatikan aspek pemerintahan sebagaimana perhatiannya kepada sisi ruhiyah

    Oki Kuswanda
    Jr. Member
    Jr. Member

    Jumlah posting : 129
    HP : 76
    Reputation : 1
    Registration date : 08.02.09
    Age : 30
    LokasiBogor

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by Oki Kuswanda on Mon Mar 16, 2009 9:57 pm

    kaga ada sumbernya cuy

    revoLUTHIon
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 243
    HP : 101
    Reputation : 3
    Registration date : 06.02.09
    Age : 29
    Lokasibekasi

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by revoLUTHIon on Tue Mar 17, 2009 9:06 am

    ada tu paling atas


    _________________
    Then which favors of 4WI will you deny As sins are revealed for us to be avoided

    TauffaN
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 254
    HP : 264
    Reputation : 12
    Registration date : 05.02.09
    Age : 29
    LokasiKapuk Valley, margonda depok

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by TauffaN on Tue Mar 17, 2009 9:33 pm

    sadar ataupun tidak, politik adalah bagian dari tarbiyah...

    btw.. bib luthi antum ikut lomba orasi juga donk, biar bisa nemenin bib oki..

    (bib luthi antum udah senior member aja T_T, perasaan ana dah banyak posting tapi gak naik2 ini T_T)


    _________________
    "Imam Ahmad berkata: Ilmu itu tidak ada bandingannya apabila niatnya benar. Para muridnya bertanya: Bagaimanakah yang demikian itu? Beliau menjawab: ia berniat menghilangkan kebodohan dari dirinya dan dari orang lain." Pliss Klik Saya

    revoLUTHIon
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 243
    HP : 101
    Reputation : 3
    Registration date : 06.02.09
    Age : 29
    Lokasibekasi

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by revoLUTHIon on Wed Mar 18, 2009 8:46 am

    152 belum apa2..di dudung pstingan ku 2000 lebih Smile)...

    orasi politik tuh kaya apa?contohin dunk


    _________________
    Then which favors of 4WI will you deny As sins are revealed for us to be avoided

    Oki Kuswanda
    Jr. Member
    Jr. Member

    Jumlah posting : 129
    HP : 76
    Reputation : 1
    Registration date : 08.02.09
    Age : 30
    LokasiBogor

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by Oki Kuswanda on Wed Mar 18, 2009 9:16 am

    cieh ellah udah 2000 an didudung nih cuy

    TauffaN
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 254
    HP : 264
    Reputation : 12
    Registration date : 05.02.09
    Age : 29
    LokasiKapuk Valley, margonda depok

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by TauffaN on Wed Mar 18, 2009 10:27 am

    @oki
    oot again....

    baiklah saya akan membantu om admin dalam menjelaskan apa itu orasi politik,(walaupun ana gak disuruh ikutan ama adminnya T_T)......

    premis mayor
    : Orasi adalah kata kerja yang berasal dari bahasa Middle English: oracion yang berarti berdoa, dari bahasa Latin Akhir( Late Latin ): ōrātiō, ōrātiōn-, dari bahasa Latin: diskursus-- dari kata ōrātus, bentuk lampau dari ōrāre, berbicara. Orasi adalah sebuah pidato formil, atau komunikasi oral formal yang disampaikan kepada hadirin. (wikipedia)

    premis minor : Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

    Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

    Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

    * politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
    * politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
    * politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
    * politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

    konklusi : pidato formil mengenai politik (dikit bgt konklusinya fan ??)

    jadi nanti para kandidat akan menyampaikan pidatonya berupa tulisan pada topik yang nantinya akan dibuat oleh admin jika pesertanya sudah terkumpulkan dan siap.

    misal...
    @oki
    negara ini dengan partai pisang ini akan kita buat gorengan bla... blaa..... blaa.........
    @luthi
    negara ini bersama partai duren dan saya, akan kita buat tempoyak blii... bliii......bliii

    setelah orasi visi misi selesei maka setiap peserta berhak bertanya kepada peserta lainnya tentang visi misi yang diajukan,... baik berupa sanggahan, masukan, ataupun pertanyaan...

    misal
    @oki
    akhinah luthi... bagaimana mungkin negara ini dijadikan dengan system tempoyak, padahal kita ketahui sendiri durian itu sangat langka dan mahal..
    @luthi(berhak menjawab)
    pertanyaan yang baik sekali saudara oki, ya kalo itu saya sudah merencanakan dengan dibelinya durian dari BENGKULU yang katanya relatif murah dan harum baunya....

    nah itu mungkin sedikit penjelasan tentang orasi politik yang dimaksud, ada pertanyaan ?


    _________________
    "Imam Ahmad berkata: Ilmu itu tidak ada bandingannya apabila niatnya benar. Para muridnya bertanya: Bagaimanakah yang demikian itu? Beliau menjawab: ia berniat menghilangkan kebodohan dari dirinya dan dari orang lain." Pliss Klik Saya

    Oki Kuswanda
    Jr. Member
    Jr. Member

    Jumlah posting : 129
    HP : 76
    Reputation : 1
    Registration date : 08.02.09
    Age : 30
    LokasiBogor

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by Oki Kuswanda on Wed Mar 18, 2009 1:04 pm

    makasih bib atas masukannya...

    dapet ilmu baru nih

    revoLUTHIon
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 243
    HP : 101
    Reputation : 3
    Registration date : 06.02.09
    Age : 29
    Lokasibekasi

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by revoLUTHIon on Wed Mar 18, 2009 1:10 pm

    heehee...yg itu sih tau..maksudnya coba kemukakan contoh negara yg mau dibawa
    masalah2 nya apa,trus data statistik angka2 pertumbuhan dan sistem yg dianut..soalnya ngaruh Very Happy


    _________________
    Then which favors of 4WI will you deny As sins are revealed for us to be avoided

    TauffaN
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 254
    HP : 264
    Reputation : 12
    Registration date : 05.02.09
    Age : 29
    LokasiKapuk Valley, margonda depok

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by TauffaN on Wed Mar 18, 2009 1:52 pm

    revoLUTHIon wrote:heehee...yg itu sih tau..maksudnya coba kemukakan contoh negara yg mau dibawa
    masalah2 nya apa,trus data statistik angka2 pertumbuhan dan sistem yg dianut..soalnya ngaruh Very Happy

    nah itu tantangannya bib, negara yang mau dibawa ya Indonesia, masalah2 yang mau diangkat itu tergantung kreatifitas dari sang orator, ya pokonya dibikin semenarik mungkin supaya forum ini rame dan bermanfaat..

    btw.. portingan ana yg panjang lebar diatas dikasih reputasi dong bib luthi


    _________________
    "Imam Ahmad berkata: Ilmu itu tidak ada bandingannya apabila niatnya benar. Para muridnya bertanya: Bagaimanakah yang demikian itu? Beliau menjawab: ia berniat menghilangkan kebodohan dari dirinya dan dari orang lain." Pliss Klik Saya

    Oki Kuswanda
    Jr. Member
    Jr. Member

    Jumlah posting : 129
    HP : 76
    Reputation : 1
    Registration date : 08.02.09
    Age : 30
    LokasiBogor

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by Oki Kuswanda on Thu Mar 19, 2009 12:38 pm

    soal data statistik kudu baca koran dan internet nih

    biar tambah referensi..

    soalnya saya kurang baca kayak begituan...


    cari2 referensi dulu buat persiapan ...

    revoLUTHIon
    Senior Member
    Senior Member

    Jumlah posting : 243
    HP : 101
    Reputation : 3
    Registration date : 06.02.09
    Age : 29
    Lokasibekasi

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by revoLUTHIon on Thu Mar 19, 2009 2:55 pm

    okiiiii...hapus gambar avatar nt,ane maluuuuu


    _________________
    Then which favors of 4WI will you deny As sins are revealed for us to be avoided

    Oki Kuswanda
    Jr. Member
    Jr. Member

    Jumlah posting : 129
    HP : 76
    Reputation : 1
    Registration date : 08.02.09
    Age : 30
    LokasiBogor

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by Oki Kuswanda on Thu Mar 19, 2009 4:01 pm

    OOT

    udehhhhhh

    Sponsored content

    Re: Hubungan Antara Aktivitas Tarbiyah Dengan Politik

    Post by Sponsored content Today at 6:40 am


      Waktu sekarang Sun Jan 22, 2017 6:40 am